Bengkak di pipi?!?! Hiiii… Apaan yaaa???

Mei 16, 2008

paramyxovirusApa anda pernah mengalami bengkak dari kawasan bawah telinga ke bawah rahang?? Masa2 kecil dulu?? Yup2… itulah yang dinamakan “gondong”…

Orang – orang jawa khususnya, sering menyebut itu adalah gondongan yaitu terjadi pembengkakan di daerah pipi bagian bawah. Kata orang – orang yg pernah kena gondongan ini seh, tuh mulut buat ngobrol aja sakit gara – gara ketarik gondong itu…huix….kasian yaa….

Orang yang belum pernah terkena gondong ini akan bisa mudah tertular, karena gondong ini adalah penyakit yang hanya sekali dalam seumur hidup.

Do u noe dat there r no special medicine for those? ehmm….sebenarnya sih gondongan berasal dari jangkitan virus ‘paramyxovirus’ yang disebarkan melalui udara seperti bersin. For those yang dijangkiti, emang perlu dikuarantinkan. Kagak ada obat khusus gondongan ini, palingan juga hanya obat – obat pereda nyeri atau antibiotic ajah. Sebab, selaen bengkak pesakit akan mengalami demam, mutah – mutah dan pening – pening. Kalo tak sehat betul – betul, akibatnya bisa jadi kemandulan bagi pria maupun wanita… seyeeem khan?? Huhuhuhu……

Eitz… supaya anda – anda lebih tau tentang gondong, yaa lebih oke kalo kita masuk ke dalam blog saia yuuk……!!

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: