Varicella zoster virus

Februari 24, 2007

Varicella zoster virus

Virus Classification

Group : Group I (ds DNA)
Family : Herpesviridae
Subfamily : Alphaherpesvirinae
Genus : Varicellovirus
Species : Human Herpesvirus 3 (HHV-3)

Virus varisela-zoster (VVZ) menginfeksi melalui mukosa saluran napas atas dan orofaring, berkembang biak dan dapat menyebar ke berbagai organ, terutama ke kulit dan lapisan mukosa.Virus yang masuk pertama kali ke tubuh, disebut infeksi primer dan manifestasi klinis pada kulit dan mukosa adalah cacar air (varisela).
Setelah infeksi primer selesai, virus tidak hilang tuntas dari tubuh melainkan masuk ke ujung saraf sensoris dan menuju ke ganglion saraf tepi serta bersembunyi di sana untuk beberapa lama. Pada saat ini orang yang pernah mengalami penyakit cacar air tersebut menjadi kebal terhadap virus tersebut sehingga bila terinfeksi VVZ tidak menyebabkan cacar air lagi.

Pada awalnya, penderita akan merasa sedikit demam,pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Pada kasus yang lebih berat, akan merasa nyeri sendi, sakit kepala dan pusing, dan setelah beberapa hari timbul kemerahan pada kulit di sekitar dada dan perut atau punggung dan disekitar anggota gerak dan wajah.
Kemerahan pada kulit akan berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini akan menyebabkan rasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bekas/bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.
Jika lenting cacar air tersebut dipecahkan, krusta akan terbentuk lebih dalam sehingga akan mengering lebih lama. Kondisi ini akan memudahkan infeksi bakteri pada bekas luka garukan tadi. Setelah mongering,bekas cacar air tadi akan menghilangkan bekas yang dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang.
SUMBER :
http://en.wikipedia.org/wiki/Varicella_zoster_virus
http://id.wikipedia.org/wiki/Cacar_air
http://www.indomedia.com
http://www.sinarharapan.co.id

S.Yuniarti.Manurung ( 068114006 )

Floriberta Yoaquin Intan ( 068114033 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: