HPV

Februari 27, 2007

Human Papilomavirus adalah suatu virus yang terdiri lebih dari 80 tipe dan terbagi atas dua, yaitu virus berisiko tinggi yang terdiri dari 12 tipe dan virus berisiko rendah. HPV menyebar melalui hubungan seksual, terutama pada wanita yang melakukan hubungan seksualdengan lebih dari satu pria.

 

HPV tipe 6,11, 42, 43, dan 44 adalah tipe yang berisiko rendah adalah tipe yang berisiko rendah dan dihubungkan dengan condyloma pada genital. Sedangkan tipe 16, 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59 dan 68 adalah tipe berisiko tinggi menyebabkan kanker serviks. HPV menular dengan mudah melalui hubungan seks.

 

HPV menginfeksi sel epitel squamous yang terstratifikasi dan melalui kaskade proses seluler, menstimulasi proliferasi seluler. Setelah terinfeksi HPV, sel dapat menjadi hiperplastik dan berkembang menjadi diplasia berat dan bahkan kanker infasif.

Mikroabsorpsi di kulit atau mukosa, membuat HPV dapat masuk ke lapisan basal sel. HPV menginduksi sel untuk berploriferasi, membagi dan mengembang secara lateral. Ketika sel yang terinfeksi matang ke permukaan, replikasi virus dan pembentukan partikel virus terjadi pada permukaan suprabasilar. Ketika sel mencapai permukaan bagian atas epidermis atau mukosa, partikel virus terlepas dan dapat menginfeksi jaringan di dekatnya.

 

Kofaktor pada infeksi HPV tampak mempercepat perkembangan sel kanker. Koinfeksi dengan virus herpes, klamidia, dan HPV duhubungkan dengan peningkatan risiko kanker serviks.

 

HPV adalah anggota famili Papovirida, dengan diameter 55 um. Virus ini mempunyai kapsul isohedral yang telanjang dengan 72 kapsomer, serta mengandung DNA sirkuler dengan untaian ganda. Berat molekulnya 5 x 106Dalton. Dikenal beberapa spesies virus papilloma, yaitu spesies manusia, kelinci, sapi dan lain-lain. Saat ini telah diidentifikasi sekitar 70 tipe HPV dan mungkin akan lebih banyak lagi di masa mendatang. Masing-masing tipe mempunyai sifat tertentu pada kerusakan epitel dan perubahan morfologi lesi yang ditimbulkan. Kurang lebih 23 tipe HPV dapat menimbulkan infeksi pada alat genitalia eksterna wanita atau laki-laki, yang meliputi tipe HPV 6,11,16, 18, 30, 31, 33, 34, 35, 39, 40, 42, 45, 51-58.

 

Virus papiloma memiliki ukuran kurang lebih 55nm, genomenya terbentuk oleh dua rantai (double stranded) DNA yang dibentuk oleh kurang lebih 8000bp.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: