Anthrax??Sewaktu-waktu bisa muncul kembali!

Maret 20, 2007

B. anthracis

B. antracis termasuk dalam spesies Bacillus, yang merupakan bakteri gram positif dan bersifat aerob. Bakteri ini juga bersifat patogen yang menyebabkan penyakit menular akut yang acapkali menyerang hewan bahkan manusia. Bakteri ini tidak terlalu tahan terhadap suhu yang tinggi, namun bakteri ini mempunyai kemampuan membentuk spora dengan mudah, yang mana spora itu tahan terhadap lingkungan yang buruk sekalipun. Spora ini dapat hidup puluhan sampai ratusan tahun lamanya di dalam tanah. Namun spora B. anthracis dapat dimusnahkan dengan uap air basah dengan suhu 90ºC selama ±45 menit atau dengan air mendidih dengan suhu 100ºC selama ±10 menit.
Sumber pengebaran penyakit anthrax adalah sapi, kambing, kerbau, marmot, tikus dan mencit. Cara penyakit anthrax menular ke tubuh manusia ada berbagai macam, yaitu : pertama dengan kontak langsung dengan bibit penyakit yang ada di tanah, tanaman atau hewan, kedua dengan menghirup bibit penyakit atau spora B. antracis, ketiga dengan memakan daging atau produk hewan yang terinfeksi dengan B. antracis, keempat melalui gigitan serangga penghisap darah. B. antracis dapat menyebabkan kematian apabila sudah mengifeksi tubuh karena kandungan protein racun yang terdapat di dalam bakteri tersebut. Protein racun B. antracis mempunyai beberapa komponen yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu Lethal Factor (LF), Oedema Factor (EF) dan Protective Agent (PA). LF merupakan komponen racun utama sebagai protease (enzim pemotong protein) yang aktivitasnya tergantung pada logam seng. EF merupakan enzim adenylate cyclase yang mensintesis molekul cAMP. Peningkatan kadar EF secara berlebih bisa mengakibatkan hilangnya cairan tubuh. LF dan EF masuk dalam sel dibantu oleh PA yang merupakan protein yang bila berikatan dengan reseptor dalam sel yang dituju terpotong menjadi dua bagian oleh protease furan. Kemudian bagian PA yang berikatan tadi membentuk heptamer memungkinkan LF dan EF berikatan yang selanjutnya sehingga bisa masuk ke dalam sel.
Berdasar tempat infeksi didalam tubuh, Anthax dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: pertama cutaneous anthrax yang disebabkan oleh infeksi melalui luka di kulit, kedua gastro intestinal anthrax yang disebabkan oleh infeksi melalui makanan yang terinfeksi spora B. antracis, ketiga inhaled anthrax yang disebabkan oleh spora yang terhirup. Secara umum gejala klinis penderita penyakit Anthrax di awali dengan gatal di kulit, lalu kulit akan melepuh dan menimbulkan kopeng bila pecah serta terasa nyeri. Setelah masuk tubuh selama 24 jam, akan timbul demam, mual, muntah darah, sakit perut, kejang, kaku bahkan dapat menyebabkan turunnya kesadaran si penderita. Sedangkan pada hewan adalah gemetar pada tubuh, demam, gelisah, sulit bernafas dan tiba-tiba mati.
Anthrax merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan, oleh karena itu dibutuhkan pengobatan awal pada hewan yaitu dengan antibiotic dan vaksinasi hewan. Vaksinasi tahunan juga perlu dilakukan terutama di daerah endemis. Sedangkan pada manusia perlu dilakukan penanganan yang cepat karena jika tidak segera diberi penanganan akan menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat, kira-kira 1-2 hari. Obat yang digunakan adalah Penisilin dan derivatnya, disesuaikan dengan tipe Anthrax. Misal, pada tipe pencernaan (gastro intestinal anthrax) menggunakan Tetracylicine 1 gram per hari.
Selain itu untuk mengurangi tingkat penyebaran bakteri ini adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan (kandang ternak), penutupan daerah yang terserang Anthrax dari ternak sehat lainnya, pemusnahan kandang dan ternak (dibakar) yang sudah terinfeksi Anthrax, tidak menyembelih dan mengkonsumsi daging hewan yang terinfeksi Anthrax, serta pemotongan hewan yang hanya boleh dilakukan di rumah potong. Hal- hal tersebut penting dilakukan karena sporanya yang mampu hidup lama di dalam tanah dapat mencemari tanah sehingga penyakit itu bisa sewaktu-waktu muncul kembali.

Daftar acuan
http://www.google.com
http://www.yahoo.com
http://www.beritaiptek.com
http://www.biotek-indonesia.net
By.068114127,068114126,068114167

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: