varicella zoster(068114008,068114020)

Mei 8, 2007

Created By:  Winny L.Hardi 068114008Grace Litad 068114020 

Varicella zoster 

 

            Varicella zoster adalah virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Penyakit cacar air biasanya menyerang anak di bawah usia
lima tahun. Penyakit cacar air ini merupakan penyakit yang relative ringan namun tidak boleh disepelekan, karena pada titik tertentu dapat menimbulkan komplikasi.  Hal ini terjadi  jika virus yang menyerang sangat ganas dan daya tahan tubuh penderita cacar air sangat rendah. Komplikasi paling ekstrem yang bisa terjadi adalah radang otak,radang paru dan penyakit kulit yang berat , dan jika dibiarkan bisa menimbulkan kematian. Namun, kasus komplikasi yang sedemikian parah sangat jarang terjadi. Bahkan di Indonesia pun belum ditemukan. Tapi di Singapura, hal itu pernah terjadi yaitu komplikasi antara cacar air dan penyakit kulit.
Gejala cacar air diawali dengan Bercak-bercak timbul ini muncul di tempat lain di seluruh tubuh. Pada anak-anak, cacar air umumnya berlangsung ringan dan singkat yakni sekitar tiga hingga
lima hari. Yang perlu diwaspadai dari penyakit cacar air adalah penularannya , ketika sudah menjadi koreng, cacar air tidak akan menular lagi. Namun ketika ada cairan bening di permukaan kulit, ini adalah periode yang sangat menular !! Sedangkan ketika sudah menjadi keropeng, fase aktif sudah lewat. Hal lain yang perlu diperhatikan mengenai cacar air adalah luka. Jika sudah muncul bekas luka, seumur hidup tak akan hilang.
            Cacar air biasanya lebih mudah menyerang dan menular  pada anak-anak, karena Anak-anak yang baru lahir sebetulnya mendapatkan kekebalan alamiah dari ibunya. Tapi makin lama kekebalan itu makin rendah. Ketika berada di titik rendah itulah, ia gampang terserang virus cacar airCacar air juga dapat menular pada orang dewasa, terutama yang belum pernah terkena di waktu kecil. Serangan pada orang dewasa ini, bisa lebih parah, lebih lama sembuh, demam lebih tinggi, dan tubuh yang terkena lebih merata, bahkan bias ke rongga mulut atau ke usus.            Umumnya serangan penyakit cacar hanya seminggu. Namun  sebagian virus ada yang menetap di ujung syaraf. Dan pada kurun waktu 30-40 tahun mendatang ketika daya tahan tubuh sedang menurun, virus itu bisa muncul kembali dan menjelma menjadi Herpes zoster. Gejalanya sama yakni demam, tapi infeksi pada permukaan kulit terjadi di segmen syaraf tertentu, baik itu sebagian wajah atau di dinding dada depan atau belakang. Rasanya sangat nyeri. Biasanya diderita selama satu sampai dua minggu. Dan dalam beberapa kasus, rasa nyeri itu bisa menetap bertahun-tahun.            Pencegahan dan penyembuhannya dapat dilakukan dengan memberikan vaksin cacar air. Biasanya vaksin diberikan ketika masih kecil bersamaan dengan vaksin tetanus dan vaksin polio serta vaksin hepatitis. Dan biasanya bagi mereka yang sudah divaksin, akan amat jarang terkena penyakit cacar air ini. Virus cacar air ini dipengaruhi oleh daya tahan tubuh, lingkungan, serta ganas tidaknya virus tersebut.             

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: