Ciuman Membawa Petaka ( 068114065;068114072 )

Mei 16, 2007

Ciuman emang nikmat. Tapi hati – hati lhow….ciuman juga bisa membawa petaka. Petaka ini disebut “kissing disease”.

Kissing disease merupakan penyakit mononucleosis, yang disebabkan oleh virus Cytomegalo. Virus Cytomegalo diketahui sekerabat dengan virus Herpes yang bersifat laten dalam tubuh manusia. Virus tersebut biasanya terdapat di kelenjar air liur, air seni, lendir leher rahim, sperma, air susu ibu, dan darah. Penularan virus itu selain lewat berciuman, dapat pula melalui transplantasi organ, donor darah, persalinan, dan juga oral seks.

Nama resmi kissing disease sebetulnya Infectious Mononucleiosis, yang hampir selalu mengintai pasangan yang doyan sekali berciuman, entah dengan siapa saja, yang penting ada bibirnya.

Pada umumnya, serangan virus itu tidak mematikan. Namun, belakangan ini dicemaskan kalau virus tersebut beredar di dalam darah, maka dapat berpotensi menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah koroner. Kehadiran kuman dan virus tertentu dapat mendorong terjadinya penyakit jantung koroner dan munculnya penyakit keletihan yang menahun (chronic fatigue syndrome).

Perpindahan air liur dari mulut sehat ke mulut sakit itulah yang ikut memindahkan virus penyebabnya. Selang beberapa hari sang pasangan tertular, dan penyakitnya pun berjangkit. Virus ini tergolong pemain lama dan sejak dulu sudah dikenal di dunia medis.
Dia juga yang kemudian disebut-sebut sebagai penyebab beberapa jenis penyakit lain bila masih beredar dalam darah penderita. Boleh disebut antara lain sebagai salah satu faktor penyebab serangan jantung koroner, selain sebagai pencetus kanker leher rahim.

Gejala kissing disease sama seperti serangan flu biasa, yaitu demam, radang tenggorokan, badan letih dan pegal. Infeksi tersebut biasanya ringan, bahkan kebanyakan orang tidak tahu kalau dirinya mengidap virus itu. Namun, pada penyakit kissing disease, hati dan limpa umumnya akan membengkak dan serangan flu tersebut berlangsung lebih lama, sampai sekitar dua minggu.

Untuk memastikan benar virus genit itu penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan darah lalu dibuat kultur. Dari sana akan kedapatan virus penyebab jika benar memang itu penyakitnya Antivirus dari virus ini tidak ada, selain membiarkan pasien lebih banyak beristirahat, memulihkan sistem kekebalan tubuh agar mampu melawan virusnya.
Selain itu juga perlu dibarengi asupan menu berprotein tinggi, selain puasa berciuman dulu, dengan siapa pun, termasuk tidak mencium atau mengecup anak, dan anak kecil.
Anggapan sekadar kissing disease yang umumnya bisa menyembuh sendiri tanpa menyisakan apa-apa bila daya tahan tubuh kuat, bukan tanpa masalah. Dari beberapa temuan terungkap kalau riwayat pernah terkena penyakit akibat berciuman ini berkorelasi dengan risiko terkena kanker kelenjar getah bening.

Virus Cytomegalo, ditularkan nyaris tanpa gejala. Orang baru tahu kalau mengidap virus ini jika diperiksa darahnya. Bila virus ini diidap wanita hamil, berisiko anak di kandungannya bakal mengalami kecacatan. Karena itu, penting memeriksa adanya penyakit ini sebagai bagian dan pemeriksaan pranikah (TORCH test).

ANGEL ( 068114065 )

WULAN ( 068114072 )

 

 

 

Sumber:

http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=841

http://www.thechampa.com/news/news_detail.php?id=375〈=in

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: