DUHHH !!! WETENGKU MULES JE,, NAPA YA??( 068114065;068114072 )

Mei 16, 2007

Eh, Jo…tau ga siy ??? Kok perutku sakit banget ya,,,biasanya gak kayak gini. Emang siy aku punya maag, tapi sakitnya beda,,, aduh,,aduh,,. Sakitnya tuh ya, rasanya di ulu hati, tapi dikasih obat gak mempan, kadang-kadang malah muntah dan mual. Gimana nigh??”

 

“Nem,, jangan-jangan kamu kena radang tukak lambung!!”

Waduh..penyakit apa tuh,Jo ??Kok aku gak tau ya. Apa aku yang katrok??”

“He-eh. Ngene, Nem..tak jelaske…Jadi tukak lambung itu penyakit yang disebabkan oleh Helicobacter pylori.”

Oh begitu tho..Tadi Helikopter apa penyebabnya??”

“Helikopter gundulmu!! Namanya Helicobacter pylori. Kamu udah dapet matakuliah mikrobiologi kan? Helicobacter pylori itu bakteri mikroaerofilik, artinya bakteri ini hanya dapat hidup dalam kadar oksigen tertentu. Jika kadarnya berlebihan, kurang, atau malah tidak ada oksigen sama sekali, maka bakteri ini tidak dapat hidup. Organ tubuh yang disenangi oleh bakteri ini adalah lambung yang memungkinkannya hidup dan berkembang biak. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika keluhan timbul di daerah ulu hati (lambung). Helicobacter pylori itu termasuk bakteri gram negatif berbentuk spiral Begitu, Nem,,”

“Oh… gejalanya bener kayak yang aku rasain tadi ?”

“Bener. Biasanya gejalanya sakit perut berulang – ulang di daerah ulu hati, mual, muntah. Pokoknya hampir mirip kayak maag….tapi lebih parah.”

“Kok aku bisa kena…emang penularannya gimana?”

“Bisa lewat oral, kontak dengan penderita, bisa ditularin lewat ibu ke anaknya, lewat tinja dan muntahan juga bisa, kucing juga bisa jadi hospes. Hati – hati lho…, sekali terserang bakteri ini bisa bertahan di tubuhmu…selamanya lagi.”

“Gimana sieh…kok bisa bikin sakit?”

”Jadi…bakteri ini menempel di permukaan dalam tukak lambung melalui interaksi membrane bakteri lektin dan oligosakarida spesifik dari glikoprotein membrane sel epitel lambung. Bakteri ini juga memproduksi racun VacA yang bikin luka.”

“Kok racunnya bikin luka…Hebat dounk!!!!”

“Jadi racun VacA itu menghancurkan sel tepi lambung, caranya dengan mengubah fungsi endolisosom, meningkatkan permeabilitas parasel, membentuk pori dalam membvran plasma, juga dengan apoptosis ( bunuh diri sel ).”

“Terus..???”

“Daerah yang terinfeksi itu meradang, kadang – kadang mengalami pendarahan dan membentuk lubang. Peradangan itu meningkatkan produksi asam lambung dari bagian yang tidak terinfeksi, jadi tukak lebih besar di usus duabelas jari. Kalo kronis bisa menyebabkan kanker lho…”

“Terus..???”

“Peradangan di lendir lambung juga merupakan faktor risiko tumor limfa (lymphatic neoplasm) di lambung, atau disebut dengan limfoma MALT (mucosa associated lymphoid tissue, jaringan limfoid yang terkait dengan lendir). Infeksi Helicobacter pylori juga berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup tumor. “

“Trus diobatinya gimana?”

“Bisa dengan menghambat produksi asam lambung, tapi sering kambuh karena bakteri dan peradangan kronis lambung tetap ada. Dapat diatasi hanya bila bakteri dibasmi dari lambung dengan antibiotic, tapi menggunakan antibiotiknya gak boleh serampangan soalnya malah bikin bakterinya jadi resisten.”

 

“Ni, Nem tak kasih gambarnya biar kamu lebih mudeng. Ni……”

 

 

“Okey…tengkyu ya….ntar tak priksain dech…”

 

Sumber:

http://www.idionline.org/infoidi-isi.php?news_id=1195

http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/kliping/tukak_lambung.htm

http://www.tabloid-nakita.com/artikel.php3?edisi=07333&rubrik=sehat

 

 

 

Angel ( 068114065 )

Wulan ( 068114072 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: