Paruku Sayang…..Paruku Malang( 068114065;068114072)

Mei 16, 2007

1 April ’07

 

Dear Filly,

Hiks…hiks…aq lagi sedih banget nich. Critanya aq kan batuk tapi nggak sembuh–sembuh juga…aku takutnya kena TBC. Terus aku kan periksa ke dokter, kata dokter aq kena histoplasmosis. Histoplasmosis itu penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur Histoplasma capsulatum. Nah jamur itu yang menyerang paru-paruku. Jamur itu menginfeksi melalui sporanya yang bisa terisap saat bernafas. Lalu, infeksi ini menyebar paad paru-paru, kulit, atau pada bagian tubuh lain.

Pertamanya itu, aku kena serangan flu ringan, demam, sesaknafas, batuk kering, sakit kepala, ga pingin makan, pegel-pegel. Kata dokter, kalau parah, dapat menyebabkan pembengkakan hati atau kelenjar getah bening. Juga bisa mempengaruhi sumsum tulang, sehingga bisa menyebabkan anemia, leucopenia (kekurangan beberapa jenis darah putih), dan trombositopenia (kekurangan trombosit sehingga darah sulit beku).

Jadi begini, infeksi terjadi dengan inhalasi spora, terutama mikrokonidia, spora yang cukup kecil untuk mencapai alveoli pada inhalasi, yang kemudian berlanjut dengan bentuk budding. Dengan berlanjutnya waktu, reaksi granuloma terjadi. Nekrosis perkijuan atau kalsifikasi dapat menyerupai tuberkulosis. Diseminasi transien dapat meninggalkan granuloma kalsifikasi pada limpa. Pada orang dewasa, massa bulat atau jaringan parut dengan atau tanpa kalsifikasi sentral dapat menetap pada paru, yang disebut histoplasmoma. Dapat pula terbentuk infiltrat paru dan pembesaran kelenjar hilus. Bila infeksi terjadi dengan jumlah spora yang besar maka terdapat gambaran yang mirip dengan tuberkulosis miliaris. Infeksi ini biasanya sembuh dengan atau tanpa meninggalkan perkapuran dalam paru. Pada beberapa keadaan, dapat berlangsung progresif hingga mengenai sebagian atau seluruh paru, deseminata, dengan atau tanpa riwayat histoplasmosis primer akut paru, potensial fatal hingga dapat menyebabkan kematian. Infeksi kedua kali dapat menimbulkan reaksi jaringan yang lebih kuat sehingga menimbulkan rongga atau kaverna dengan gejala batuk darah.

Dari paru, jamur dapat menyebar secara hematogen ke alat lain, terutama sistem retikulo-endotel, sehingga menimbulkan pembengkakan hati, limpa, dan kelenjar getah bening. Walaupun demikian, pada Histoplasmosis diseminata, penderita tidak selalu menunjukkan gejala paru ataupun sangat minimal, seperti juga yang terjadi pada pasien ini. Suatu bentuk infeksi yang akut dan fatal serta cepat dijumpai pada anak-anak dan penderita imunosupresi, termasuk penderita AIDS. Demam, anemia, leukopesia, berat badan menurun, sering dijumpai pada penyebaran H. capsulatum diseminata. Jika tidak terdiagnosa, dapat menimbulkan kematian. Penyakit paru fulminan dapat menyerupai infeksi pneumonia oleh Pneumocystis carinii. Fungemia sering dijumpai dan kadang organisme intraselular ini dapat terlihat bersirkulasi pada pemeriksaan sediaan apus darah tepi biasa di dalam monosit1,2,3.

Memang sih penyakit ini bisa diobati dengan 2 tahap, yaitu induksi (terapi awal untuk infeksi akut) dan pemeliharaan (terapi terus-menerus untuk mencegah kambuh kembali). Infeksi yang aku alami itu infeksi ringan, jadi terapi induksi dilakukan dengan itrakonazol. Tapi terapi pemeliharaan dengan itrakonazol ini dilakukan seumur hidup, kecuali ada pemulihan kekebalan akibat penggunaan terapi antretroviral (ART). Tapi kalau parah, diobati dengan Amfoterisin B. Obat ini manjur lho. Dipakainya secara suntikan atau diinfus perlahan.

Seandainya aku tahu dari dulu, aku pasti sebisa mungkin mencegah histoplasmosis ini dengan antiretroviral yang manjur.

Udah dulu ya…kapan – kapan tak kasih kabar.

 

Angel ( 068114065 )

Wulan ( 068114072 )

 

sumber:

http://www.tempo.co.id/medika/arsip/052001/lak-2.htm

http://www.spiritia.or.id/li/bacali.php?lino=522

http://www.medicastore.com/med/detail_pyk.php?id=&iddtl=171&idktg=20&idobat=&UID=20070428130901202.173.17.26

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: