BAKTERI TINGGAL DI LAMBUNG?? (058114107)

Mei 9, 2008

Elisabeth Eskaria Chandra Kusuma (058114107 kls B)
Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Kita mungkin sering salah kaprah dalam menanggapi penyakit yang dalam bahasa awamnya ”sakit mag”, karena bisa jadi sakit tersebut bukan sekedar sakit mag biasa tapi karena infeksi bakteri. Saya sering merasakan gejala seperti mual, perih, sehingga antasida dan obat-obat penekan asam lambung menjadi teman karib saya.

Ketergantunganku pada ”drugs” tersebut dimulai pada suatu hari di bulan Juli 2006. Perut mendadak sakit, perih seperti tercabik-cabik, menarik napas dada terasa nyeri. Selama lebih dari setengah tahun, aku “rajin” mendatangi rumah sakit untuk meminta resep, karena tanpa obat gejala-gejala itu pasti kambuh. Bosan dengan ketidakpastian, aku menjalani endoskopi, dan dari situ aku baru tahu bahwa ternyata aku mengidap gastritis kronis.

Apa itu Gastritis kronis? Gastritis kronis adalah inflamasi(peradangan) pada lambung yang terjadi dalam waktu lama. Belum lama ada fakta mengejutkan bahwa gastritis dan sakit mag pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh faktor stress, konsumsi makanan merangsang lambung, atau pemakaian analgesik anti inflamasi non steroid(AINS) seperti aspirin dan sejenisnya.

Terdapat bakteri, yaitu Helicobacter pylori, yang memiliki kemampuan unik sehingga dapat tinggal di lambung dan menyebabkan pejamu(orang yang diinfeksi) terkena gastritis kronis. fAKta mengejutkan bahwa bakteri berbentuk spiral ini bahkan digolongkan sebagai bahan
KARSINOGEN kelas I oleh WHO !!!

punya pengalaman yang sama dengan saya?

penasaran dengan bakteri satu ini…??

get-closer-to-helicobacter-pylori

just click and you’ll find the truth..

Tinggalkan Balasan

