AC Berbahaya??? Masa SIH??

Mei 14, 2008

By    : Andreas Suseno

078114057

Tahukah kamu, bahwa selain air sebagai kebutuhan utama kita, namun juga merupakan kebutuhan utama bakteri patogenik sebagai media pertumbuhan. Banyak bakteri dapat ditemukan di hembusan aerosol, menara pendingin udara, AC, pemandian air panas, keran pada bak cuci piring, dan shower kepala. Dari daerah perairan yang bersih termasuk air tanah, sungai, danau dan kolam-kolam alami. Dari tanah, lumpur, bendungan sungai, air hujan yang mengalir. Daerah penampungan air yang hangat di rumah sakit, hotel, menara pendingin dan bangunan besar lain menjadi tempat tumbuhnya koloni bakteri. Salah satunya adalah Legionella pneumophila.

o HISTORI

Pada tanggal 21 sampai 24 Juli 1976 diselenggarakan konvensi tahunan tentang Pennsylvania’s Legiun Amerika ke-limapuluh delapan di Hotel Bellevue-Stratford di Philadelphia. Di ujung acara konvensi, 140 peserta konvensi dan 72 orang lain di dalam atau dekat hotel menjadi sakit dengan demam, batuk, dan radang paru paru. Secepatnya, 34 individu mati disebabkan penyakit atau mengalami komplikasi.

Pada awalnya beberapa ilmuwan mencurigai bahwa yang menjangkiti adalah gelombang pertama dari berjangkitnya influensa babi yang mewabah yang diramalkan untuk tahun itu, tetapi minggu berikutnya, menjadi nyata bahwa tidak ada jasad renik yang dikenal dan bertanggung jawab atas hal tersebut. Pada awal Desember, misteri yang telah terjadi, mulai dapat disibak langsung bahwa seorang penulis dari Ilmu pengetahuan, jurnal Science secara terhormat menguraikan tentang ” penyelidikan yang gagal tersebut”.

Akhirnya, pada bulan Januari 1977 penyelidik dari CDC mengumumkan isolasi suatu bakteri yang tak dikenal dari jaringan paru-paru salah satu dari pasien. Organisme tersebut sepertinya bertanggung jawab tidak hanya pada penyakit legioner (seperti penyakit yang yang telah datang dan yang dikenal) tetapi juga untuk sejumlah lain penyakit seperti radang paru paru yang belum terpecahkan. Penulis dari Ilmu pengetahuan mengakui ” penyelidikan itu mungkin adalah yang paling sukses setelah penyelidikan yang sebelumnya.”

Di dalam mikrobiologi jaman ini, Penyakit legioner ( atau legionellosis) dikenal sebagai disebabkan oleh organisme yang ditemukan 1977, suatu bakteri Gram negatif dengan nama Legionella Pneumophila. Baksil yang hidup pada kumpulan air, dan kelihatannya bakteri tersebut ikut berhembus pada hembusan keras angin yang naik di udara dan angin sepoi-sepoi. Menara pendingin, unit proses pengaturan suhu industri, danau, kolam macet, dan genangan perairan telah dikenali sebagai tempat sumber bakteri. Manusia bernafas/meniup udara yang dicemari bakteri ke dalam alat pernapasan, dan penyakit berkembang dalam beberapa hari kemudian.

Paru-paru yang terinfeksi

Epidemi : Pada umumnya berasal dari air hangat, kolam dan pendingin udara (AC)

Bakteri, liat dong gambarnya!!

Mau tahu??? Penasaran??? Beneran?? Cepetan KLIK n lihat selengkapnya!!!!!

Isi: Histori, Gejala, Pathogenesis, Morfologi, Habitat, Siklus Hidup Bakteri, Pengobatan maupun Pencegahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: