Mamah: susuku tercemar!!

Mei 14, 2008

oleh : Maria Ratri Damarini (078114062)

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Akhir-akhir ini marak diberitakan tentang susu bubuk formula bayi tercemar bakteri. Bakteri yang marak diperbincangkan tersebut adalah Enterobacter sakazakii (dibaca: enterobakter sakazaki-ai). Bakteri ini dapat meninfeksi siapa saja, namun khususnya pada bayi dan balita. Pewartaan yang berturut-turut setiap hari hingga rekayasa tuntutan masyarakat agar mengumumkan nama-nama brand susu formula balita yang mengandung bakteri patogen, Enterobacter sakazakii, oleh media menjadi topik utama dan cukup membuat resah masyarakat.

Pada pertemuan mengenai Enterobacter Sakazakii dan mikroorganisme lain dalam susu bubuk formula bayi tahun 2004, para ahli WHO dan FAO menyebutkan data tentang industri makanan dan otoritas pengawas nasional menunjukkan bahwa pada produk susu bubuk formula dan Enterobacter sakazakii banyak ditemukan di lingkungan pabrik.

Hasil riset dari seluruh dunia mengatakan bahwa kontaminasi E. sakazakii dapat terjadi pada merek susu apapun yang kualitas produksinya mengalami kecacatan. Jadi bahasa mudahnya adalah: keberadaan Enterobacter sakazakii tidak terkait satu atau dua nama susu formula, tetapi lebih dikarenakan adanya kontaminasi sporadis dalam batch tertentu dalam taraf produksi.

Beradasarkan penelitian para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) selama 2003-2006 terhadap 74 sampel susu formula , 13,5 % diantaranya mengandung bakteri tersebut. Fakta yang cukup mengkhawatirkan.

more information >>>>> mamah:susuku tercemar!!.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: