-Mycobacterium leprae-

Mei 14, 2008

Penyakit kusta merupakan masalah dunia, terutama bagi Negara-negara berkembang. Di Indonesia pada tahun 1997 tercatat 33.739 orang, yang merupakan negara ketiga terbanyak penderitanya setelah India dan Brasil.
Lebih dari separuh penderita (72,25%) yang terdaftar sekarang berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan DKI Jakarta. Tetapi sampai 2001, ditemukan sebanyak 14.061 orang penderita baru, dan apabila ditambah dengan penyandang kusta yang sudah sembuh, seluruhnya mencapai 272.252 orang. Sedangkan sampai akhir September 2002, dilaporkan ada 16.824 kasus baru.
Penyakit kusta tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan, namun juga masalah psikologis penderita. Sebagian masyarakat mengenal penyakit kusta dari tradisi kebudayaan dan agama, sehingga banyak yang berpendapat tentang kusta merupakan penyakit yang sangat menular, tidak dapat diobati, penyakit keturunan, dan yang paling parah dianggap menerima kutukan dari Tuhan. Hal ini yang menyebabkan penderita kesulitan untuk sembuh,
Penyakit kusta merupakan penyakit yang tidak diketahui sejak kapan ditemukan, namun dipercaya sudah ada sejak 4000 tahun sebelum Masehi dan di India dan Jepang 1000 tahun sebelum Masehi.

petrus-wicaksono-078114136- Mycobacterium leprae selengkapnya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: