Campylobacter jejuni… Apaan tuh????

Mei 15, 2008

Oleh: FENNY NOVIANA (078114082) / Kelas B

Campylobacter jejuni merupakan pantogen manusia yang terutama menyebabkan enteritis dan kadang-kadang invasi sistemik, terutama pada bayi. Bakteri ini merupakan penyebab diare yang disertai lendir dan darah (disebut juga Bloody diarrhea) yang sama seringnya seperti Salmonella dan Shigella.

Taksonomi dari Campylobacter jejuni

Kingdom =Bacteria
Phylum =
Proteobacteria
Class =
Epsilonproteobacteria
Order =
Campylobacterales
Family =
Campylobacteraceae
Genus =
Campylobacter
Species =
Campylobacter jejuni

Campylobacter jejuni adalah kuman batang Gram- negative, berbentuk koma, Spiral, gastroenteritis atau “sayap burung camar”. Kuman ini dapat bergerak dengan sebuah flagel kutub, dan tidak membentuk spora. Pada pemeriksaan mikroskopik tinja menunjukan adanya sejumlah kuman yang meluncur kesana-kemari disertai darah dan netrofil. Tumbuh pada perbenihan selektif di dalam sungkup lilin.

Campylobacter jejuni dieramkan pada suhu 42oC kuman akan tumbuh baik sementara kuman tinja pencernaan lainnya tunbuh kurang baik pada suhu ini. Bakteri Campylobacter jejuni juga menyebabkan infeksi aliran darah (bakteremia), terutama pada penderita kencing manis atau kanker.

Campylobacter jejuni dapat berkembang biak di usus kecil, menginvasi epitel, menyebabkan radang yang mengakibatkan munculnya sel darah merah dan darah putih pada tinja. Dengan mengkonsumsi makanan yang telah diproses dekontaminasi yang terkontrol dengan higiene serta dengan menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan merupakan pencegahan untuk penularan diare infeksi bakteri. Campylobacter jejuni dapat diobati dengan diberikan terapi antibiotik,yakni eritromisin secara oral serta didukung dengan diberikan penggantian cairan dan elektrolit, dan dapat juga diberikan. Ciproflxacin yang mampu mencegah infeksi dari bakteri Campylobacter jejuni dan membunuhnya.

Penasaran yah ????….Untuk keterangan lebih lanjut…. Klik ajah disini dijamin ga bakal nyesel deh…

Campylobacter jejuni

Mau liat gambar juga kan…. Tenang tinggal klik disini…. OK…!!

gambar bakteri Campylobacter jejuni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: