parvovirus, it’s like mean bravovirus, man!!!

Mei 15, 2008

Kartika Elisabeth

078114066/kelas B

Parvovirus merupakan virus DNA yang paling sederhana, umumnya menyerang manusia, separuh orang dewasa pasti pernah terserang pada masa kanak-kanak atau pada masa remajanya.

Parvovirus punya stuktur partikel yang tak terselubung, ikosahedral, berdiameter 18-26 nm. Virion mengandung dua selubung protein yang sandi oleh suatu rangkaian DNA lazim.

Parvovirus manusia B 19 termasuk dalam genus parvovirus, famili parvoviridae dan ordo parvovirales

Parvovirus tidak cacat memerlukan sel inan yang membelah diri untuk bereplikasi dan penyakit parvovirus yang dikenal mencerminkan spesifikasi sasaran tersebut.Beberapa parvovirus patogenik hewan bereplikasi dalam sel mikosa usus dan menyebabkan enteritis.

Penyakit yang ditularkan oleh parvovirus antara lain eritema infektious (penyakit kelima) ; krisis aplastis sementara, infeksi pada pasien imunodefiensi; serta infeksi selama kehamilan.

Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi virus ini antara lain anemia kronik, pada pipi dan ekstremitas tibul bercak-bercak merah, gatal-gatal, kadang-kadang timbul demam, batuk, sakit tenggorokan atau pilek.

B 19 dapat ditemukan dalam darah dan sekresi pernafasan pasien. penularannya dapat melalui pernafasan, secara perenteran melalui tranfusi darah dan secara vertikal dari ibu ke janin.

Belum ada obat atau vaksin yang dapat mencegah infeksi oleh virus ini, penanganan hanya terbatas pada pengobatan gejalanya saja seperti paracetamol dan obat untuk mengurangi gatal.

parvo-virus (info selengkapnya klik disini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: